Saatnyasantai.com berisi artikel artikel ringan dan luas yang akan membawa setiap pembacanya merasakan sensasi "santai" yang begitu dalam, membuat rileks dan melupakan sejenak penatnya kehidupan yang melelahkan (emang begitulah kehidupan di dunia), Nikmati artikel, gambar, dan video yang ada di blog ini sambil mencicipi atau menghirup makanan serta minuman yang anda buat. setelah kembali bersemangat silahkan kembali ke rutinitas anda,selamat menikmati. ;-)
Saatnyasantai.blogspot.com
Memecahkan masalah bagi layanan pelanggan profesional didasarkan pada sikap yang Anda inginkan untuk membantu pelanggan. Tanpa sikap ini, maka tidak mungkin bisa membantu dan berakhir dengan membuat pelanggan merasa seolah "Anda sudah membantu merk" dimana, seperti yang kita ketahui tidak semua bisa membuat pelanggan kembali dan meminta bantuan kita. Jika sikap Anda benar, lanjutkan membaca.
Mari kita lihat 4 hal yang bisa Anda lakukan yang membuat Anda memegang kendali, kepercayaan diri dan sukses dalam menanggani isu layanan pelanggan.
#1 Jangan menjadi penakut.
Memang mudah untuk melihat mengapa beberapa persone merasa mereka harus memecahkan setiap isu dengan sempurna. Tidak selamanya demikian. Kenyataannya, seringkali Anda hanya menangi isu yang paling penting atau paling menyusahkan. Layanan pelanggan yang profesional tahu akan hal ini dan tidak mencoba untuk "memecahkan" setiap isu. Yang mereka lakukan adalah menawarkan alternatif. Ketika Anda mencoba untuk memecahkan setiap isu dan menangani apapun yang ada di hadapan Anda. Apa yang mereka lakukan, adalah menawarkan alternatif. Jika Anda mencoba memecahkan setiap isu dan menangani apapun yang ada dihadapan Anda, akan muncul kecenderungan yang membuat Anda ragu dan takut karena Anda tidak bisa mengatasi setiap situasi. Ketika Anda kehilangan keyakinan tersebut, punahlah semuanya.
Sasarannya adalah memiliki beberapa alternatif yang bisa Anda tawarkan. Di beberapa kasus mungkin tidak bisa diterapkan di segala situasi. Apa yang dilakukan adalah, memberikan kesempatan pada pelanggan untuk membuat keputusan berdasarkan minatnya.
Misalnya, pelanggan menghubungi Anda dan mengatakan ada kesalahan pada tagihan, dan kenyataanya mereka mengganti akun mereka bulan lalu untuk merubah fitur yang tidak lagi mereka butuhkan. Anda menjawab telepon tersebut, memahami kekesalan mereka, dan mengatakan hal seperti "Tn. atau Ny. Pelanggan, Saya lihat ada perubahan pada akun Anda bulan lalu. Saya perlu beberapa menit dan menemukan sudah lebih dari 3 tahun Anda memiliki fitur ini dan meskipun saya bisa menghilangkannya, maka saya akan salah jika tidang menginformasikan pada Anda jika dengan menghilangkan fitur ini Anda akan meningkatkan biasa dengan tidak menggunakan potongan yang diberikan fitur ini. Apakah Anda masih ingin menghilangkannya?" Keputusan ada pada pelanggan dan Anda sudah memberikan alternatif.
Lebih sederhana mengatakannya dan pilihan ada di tangan pelanggan. Tindakan memberikan alternatif pada pelanggan memberikan servis yang diinginkan pelanggan. Dan Anda menjadi sumber yang berharga bagi mereka. Jadi, jangan takut, jadilah "Pemberi Alternatif!" dan lihatlah respon pelanggan dengan loyalitas dan pembelian berulang.
#2 Pikirkan cara di seputar masalah.
Selalu ada sesuatu yang bisa Anda lakukan. Terkadang sederhana seperti mengatakan pada pelanggan, Anda akan menindak-lanjutinya dalam 1 minggu, secara personal, dan kemudian melakukannya. Terkadang Anda harus membuat perubahan dalam status akun, memberikan diskon, mengirimkan paket hadiah, merubah status order, memberikan tanggal pengiriman, menyuruh seseorang mengirim sesuatu, memesan item baru, memberikan layanan peminjaman, menghubungi industri dan kemudian menghubungi kembali layanan pelanggan, mempertemukan pelanggan dengan manajer senior, mengatur demo dan apapun yang Anda miliki dalam kotak alat Anda untuk membantu pelanggan Anda. Ini adalah gambaran kasarnya.
Kebanyakan dari Anda tidak demikian. Anda ingin orang lain yang membuat keputusan. Jangan menunggu. Buat keputusan dan ikuti. Ini bukan masalah reputasi Anda, tapi reputasi perusahaan!
Anda bertindak atas nama dan untuk PERUSAHAAN Anda! Mereka mengandalkan Anda untuk membantu Pelanggan mereka! Pelanggan Anda! Orang yang diharapkan bisa menyediakan barang atau jasa. Dan Anda belum mencapai kotak alat Anda dan menemukan solusi, Anda menyabot upaya tersebut! Jika Anda tidak memiliki wewenang tersebut, cari tahu caranya! Lakukan dengan menunjukkan bahwa Anda mengingnkan wewenang untuk mengatasi situasi. Kemudian gunakan alat yang Anda miliki untuk mengatasi situasi tersebut. Jangan terperangkap dengan ketakutan membuat kesalahan. Lebih baik membuat kesalahan dalam menangani keinginan pelanggan daripada tidak melakukan apapun.
#3 Berpikir praktis.
Ini hanyalah masalah sense umum. Diri Anda! Anda harus memikirkan apa yang terbaik untuk pelanggan dan bagaimana Anda melakukannya. Saya melakukan hal ini dengan menerapkan 3 langkah proses:
- Apakah ini memberikan solusi atau servis yang membutuhkan upaya yang sedikit dan dibuat pelanggan bingung?
- Bisakah diselesaikan sesuai dengan kerangka waktu yang diminta pelanggan?
- Bisakah Anda menerapkannya? Dengan cepat! (jika tidak segera)
Tujuan Anda adalah menyediakan solusi servis yang mulus. Anggap seperti memberikan hadiah pada seseorang dengan paket yang menarik untuk dilihat dan berisi sesuatu yang mereka inginkan atau butuhkan. Sekarang buatlah paket tersebut mudah dibuka dan diisi dengan barang. Terakhir, buatlah hadiah tersebut mudah digunakan. Setiap kali Anda memberikan solusi atau jasa, anggap seperti memberikan hadiah.
#4 Bersabar.
Kesabaran yang sesungguhnya berasal dari Anda yang memungkinkan pelanggan menceritakan pada Anda apa yang sedang terjadi pada waktu mereka! Seringkali kita terjebak dengan memberikan solusi atau jasa dengan waktu kita, bukan waktu pelanggan! Anda bisa memulainya dengan mempraktekkan ketrampilan mendengarkan. Ketrampilan ini mengharuskan Anda untuk diam, mematikan semua penilaian Anda, memberikan perhatian dan berhenti mendikte, mengirim e-mail dan bicara ke orang lain. Dengan mempraktekkan "momen kesabaran" sebenarnya Anda mulai mendengarkan apa yang sedang terjadi. Kemudian Anda meluangkan waktu dan berpikir "Bagaimana saya ingin mengatasi situasi ini?" dan "Bagaiamana pelanggan menginginkan penanganan situasi ini?" Fokus pertama kali pada pelanggan, baru kemudian diri Anda.
Anda juga bisa bertanya "Berapa lama saya ingin ibu saya menunggu pada situasi seperti ini?" atau "Berapa lama saya ingin kakek saya menunggu pada situasi seperti ini?" Ini adalah pertanyaan yang mudah ditanyakan dan terkadang sulit untuk dijawab.
Dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan terlebih dahulu dan kemudian bertindak, seringkali terjadi, Anda menyelesaikan dengan baik saat itu juga dan memberikan solusi atau servis yang dibutuhkan pelanggan.
Jika Anda mengikuti langkah sederhana ini, Anda bisa mengendalikan situasi, yakin Anda bisa mengatasi apapun yang Anda hadapi dan sukses dalam menerapkan tiga langkah ini dalam layanan pelanggan.
***
Penulis: Leonard Buchholz adalah seorang Certified Trainer, Pembicara dan Penulis. Seminar yang sering diadakan seperti Layanan pelanggan, manajemen dan komunikasi.
Sumber: www.bizprotraining.com
Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com
Saatnyasantai.blogspot.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Blog Archive
-
▼
2011
(421)
-
▼
Januari
(80)
- Terbongkar!!!5 Mie Instan yang rasanya pualing uen...
- Penampakan Foto gayus waktu masih SD!!!!hehehe
- Unik!!!untuk menyelamatkan diri dari banjir Gajah ...
- Gadis imut ini ternyata sudah berumur 29 tahun
- Ngakak!!! Kisah sepasang kekasih yg telah 5 tahun ...
- Liat deh foto ini??kira kira ada yang aneh gak sih??
- Nih orang dah Error!!!Punya muka ganteng dtranspal...
- Tips untuk mengetahui cermin Asli atau cermin ngi...
- Kejanggalan di Balik Crop Circle Sleman!!!
- HEBOH!!! Ternyata meroko ada juga manfaatnya, Pemb...
- Legenda Mengerikan dari Pedalaman amazon
- Hewan hewan terimoet di masa imoetnya!!!Bingung ka...
- Heboh:: TELAH DITEMUKAN CROP CIRCLE BARU!!!nGAKAK!...
- Crop Circle : Di Sleman adalah ASELI!!!!!Buatan Alien
- Negara negara dengan Copetnya yang sadis!!!!
- Gadis 3 tahun sudah terkena Kanker Payudara
- Terungkap Circle Crop di Sleman kerjaan Mahasiswa ...
- Heboh!!!Mulai tahun ini semua pengangguran akan di...
- Kisah Romantis Cinta Ust Arifin Ilham
- 5 Teori Pembentukan Crop Circle oleh UFO di Sleman
- Sumpah, nih anduk keren banget gan!!!
- Sabun seharga 1,4 Juta...wewww!!!
- Sejarah Kelam Glodok dan Kali Angke...(Lo semua pa...
- Ngaku cinta Indonesia???udah liat ini blom???
- Foto Memalukan Siswi SD Indonesia (musti liat nih ...
- Wow!!!Orang ini bugil demi update Facebook!!!
- Formasi Ideal Timnas pra olimpiade 2012
- Teh sebagai penghilang rasa haus lebih bermanfaat ...
- Ternyata surat FIFA ke PSSI PALSU!!!!Parahhh bange...
- Motor Polisi masa depan!!!wkwkwk
- Bikin Motor dari Korek api cap TOKAI
- Sexy abiiiiiissss!!!bener bener abisss...wkwkwkw
- Beginilah rupa orang yang sudah bertemu Bidadari
- Property Intelejen yang dijual bebas, Cuma di saat...
- Sebab anda tidak pernah jadi kaya!!Ini dia alasannya
- Menjadi Miliader di usia muda!!!Inspiratif!!!
- Tri Setyo Budiman jadi Miliarder dari Bakso!!!Dahs...
- Cara Paling mudah menyakinkan Pelanggan
- Tato tato 3D yang belom pernah ente liat!!!di jaam...
- Banyak orang Muslim belum pernah liat ini
- Tatapan tajam dari gadis gadis berjilbab!!!
- Cewe cewe Pakistan yang Aziiibbb Bnnneerrr!!!
- Ratusan Expresi penggemar Piala Dunia yang super u...
- 5 Orang yang bisa menahan rasa sakit yang Extreme!!!
- Untuk kesekian kalinya ada orang mengaku Rasul!!!k...
- ladang cabai sekarang seperti ladang emas!!!!Di ja...
- Dunia di mata seekor Kucing...
- Mau tau cara masuk Surga tanpa hisab dan tanpa Aza...
- Unic...lampu merah ada juga di Gang senggol!!!
- Efek samping kawat gigi...atau bahsa kerenya behel
- Extreme!!!Menangkap anaconda dengan tangan kosong!...
- Cara Nge drugs cewe china yang Extreme
- Lukisan lukisan unik nan menarik di perut ibu hami...
- 6 Percobaan Pribadi yang menggemparkan dunia!!
- Anak kecil ini tewas oleh anjingnya sendiri!!!(Gam...
- Semua ini fakta tentang Pria! Wanita Musti baca nih
- Udah tidur banyaak tapi masih ngantuk???mungkin in...
- Heboh!!!!Hot!!!!Sule dipeluk Syahrini!!!Wewww
- Profil 19 Pelatih Liga Primer Indonesia
- Rahasia STAMINA tubuh TIMNAS yang prima pada saat ...
- Mau cari istri????Boleh, namun jauhilah dari sifat...
- Nama Nama Bayi yang bakalan tenar di taun 2011!!
- Wew!!Pihak Power Balance mengaku gelang mereka tid...
- Benarkah Edy Murphy meninggal dunia!!
- Hot!!!Foto Gayus plesiran di luar negri..bukti kel...
- Foto foto kecelakaan yang tidak bisa dijelaskan!!!...
- 4 Cara menangani pelanggan dengan baik
- Mengintip kehidupan anak anak pejabat R!
- Astaga!!!ini foto cewe paling gaul dari Zimbabwe
- Foto Unik artis baru bangun dari tidur!!!
- Alat bunuh diri paling Efektive...hehehe
- Status Mario Teguh di FB tentang TIMNAS
- Weh weh sangar sangar kok beolnya di pot!!!
- Ciri ciri cowok yang ga pernah pacaran!!!
- Beginilah cara memberi makan Harimau...Arrraaahhaa...
- Pernikahan Teh Ninih Aa Gym pupus sudah
- Parah!!!Sepasang remaja SMP ketahuan ML di warnet!!!!
- sang Ibu hanya terpaku ketika melihat anaknya di s...
- Macam macam kuburan yang ada di Indonesia!!!
- Manfaat Sodaqoh bagi yang memberi dan yang diberi
-
▼
Januari
(80)
0 comments:
Posting Komentar
Gimana gan, blog ane keren kan???hehe, lebih keren lagi kalo agan sekalian ikutan komen disini, wah...pasti membawa berkah buat ane,hheee thanks gan, lagi santai???inget,saatnyasantai.blogspot.com