Saatnyasantai.com berisi artikel artikel ringan dan luas yang akan membawa setiap pembacanya merasakan sensasi "santai" yang begitu dalam, membuat rileks dan melupakan sejenak penatnya kehidupan yang melelahkan (emang begitulah kehidupan di dunia), Nikmati artikel, gambar, dan video yang ada di blog ini sambil mencicipi atau menghirup makanan serta minuman yang anda buat. setelah kembali bersemangat silahkan kembali ke rutinitas anda,selamat menikmati. ;-)
Sukses itu hak setiap orang...barang siapa yang mau sukses berprilakulah seperti orang sukses Lagi santai?? INGAT"saatnyasantai.blogspot.com"

Cara Cepat Hamil

Salah satu kelebihan blog adalah sifatnya yang interaktif. Melalui kolom komentar, pembaca blog bisa berkomunikasi secara langsung dengan si pemilik blog ataupun dengan pembaca blog yang lain. Jumlah komentar di sebuah blog juga bisa menjadi ukuran kesuksesan seorang blogger. Semakin banyak jumlah komentar, maka semakin populer pula blog tersebut.

Sayangnya, tidak semua blog bisa mendapatkan banyak komentar. Hanya sedikit blog yang berhasil menarik pembacanya untuk meninggalkan komentar.

Adakah rahasianya?

Pertanyaan jamak yang kemudian seringkali hinggap di kepala setiap blogger adalah: "Bagaimana saya bisa mendapatkan 100 atau lebih komentar di blog saya?"

Dibawah ini adalah 10 tips untuk mendapatkan lebih banyak komentar yang saya sarikan dari pengalaman saya pribadi.

10 Tips Menarik Lebih Banyak Komentar di Blog Anda

1. Dorong Pembaca Blog Anda Untuk Berkomentar
Mintalah, dan Anda akan mendapatkan. Hukum ini juga berlaku di dunia blogging. Jika Anda ingin pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, jangan ragu-ragu untuk memintanya. Dorong pembaca blog Anda untuk berbagi komentar tentang topik tertentu yang Anda tulis di blog Anda. Jika Anda melakukannya dengan sopan, saya percaya pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk memberikan komentar di blog Anda.

Poin: Dalam beberapa artikel saya biasa mendorong pembaca blog ini untuk berbagi komentar dengan cara mengimbuhkan kalimat "dorongan" berkomentar sebagai berikut: "Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pendapat dengan saya disini. :)"

Contoh artikel: Make Money from Blog Itu Gampang?

2. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca Blog Anda
Salah satu cara paling berhasil untuk mendapatkan komentar di blog Anda adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pembaca blog Anda. Jangan takut apabila Anda tidak mendapatkan respon seperti yang Anda inginkan. Setidaknya, jika Anda mengajukan pertanyaan, pembaca blog Anda akan tahu bahwa Anda ingin berinteraksi lebih dekat lagi dengan pembaca blog Anda. Bertanyalah dengan sopan dan sesuaikan dengan topik blog Anda.

Poin: Dalam salah satu artikel saya sengaja mengajukan pertanyaan pendek kepada pembaca blog ini dengan pertanyaan berikut untuk menarik komentar: "Apa alasan Anda membaca Blogguebo.com?"

Contoh artikel: Birthday Present untuk Pembaca Blogguebo.com

3. Permudah Cara Berkomentar di Blog Anda
Bayangkan betapa repotnya pembaca blog Anda jika harus menuliskan capcha atau password atau malah harus log in terlebih dahulu untuk berkomentar di blog Anda. Jika Anda benar-benar ingin menumbuhkan budaya berkomentar di blog Anda, akan lebih baik apabila Anda mempermudah cara berkomentar di blog Anda. Hilangkan fitur moderasi, capcha, password atau apapun yang hanya akan membuat pembaca blog Anda malas berkomentar.

Poin: Di blog ini misalnya, setiap pembaca bisa meninggalkan komentar dengan mudah tanpa harus memasukkan kode huruf, capcha atau password apapun.

4. Balas Komentar Pembaca Blog Anda
Ketika pembaca blog Anda memberikan komentar di blog Anda, sejatinya ia ingin berinteraksi dengan Anda maupun dengan pembaca blog yang lain. Balaslah komentar-komentar di blog Anda (selagi jumlahnya belum banyak) dan suatu hari Anda akan terkejut mendapati semakin banyaknya komentar yang diberikan oleh pembaca blog Anda. Membalas komentar juga menjadi salah satu cara untuk menghargai pembaca blog Anda.

Poin: Saya selalu berusaha (selagi bisa) membalas komentar yang diberikan oleh pembaca blog ini. Dan hasilnya memang sangat positif. Blog ini menjadi (sedikit) berbeda dengan blog-blog lain karena saya berusaha selalu membalas setiap komentar di setiap artikel yang saya tulis. :)

Contoh artikel: Hampir di semua artikel.

5. Beri Insentif Untuk Komentar di Blog Anda
Memberikan insentif untuk berkomentar di blog Anda bisa menjadi salah satu cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda. Insentif tidak perlu mahal. Malah bisa gratis. Anda bisa sekedar memberikan do-follow backlink, komentar balik atau sekedar e-book gratis. Yang terpenting adalah itikad baik Anda untuk memberikan sekedar balas budi kepada pembaca blog Anda yang telah berkomentar.

Poin: Di blog ini saya memberikan do-follow backlink untuk setiap komentar yang ditinggalkan di blog ini (termasuk juga komentar "Pertamaxx". Hehehe).

6. Menulislah Dengan Santun
Meskipun nampaknya tidak berkaitan, namun sejatinya gaya menulis yang santun memiliki pengaruh terhadap sikap penerimaan pembaca blog Anda. Jika Anda menulis dengan santun, pembaca blog Anda akan merasa dihargai dan sebagai imbalannya akan lebih mudah memberikan komentar di blog Anda.

Poin: Saya selalu berusaha untuk menulis dengan santun, meskipun tentu tetap dengan gaya saya pribadi. Demikian halnya ketika membalas komentar pembaca.

Contoh artikel: Hampir di semua artikel. :)

7. Tulislah Artikel Yang Memancing Rasa Ingin Tahu
Tips lain untuk mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda adalah dengan membuat tulisan "menggantung" alias open-ended yang memancing rasa ingin tahu pembaca. Buatlah pembaca blog Anda penasaran dan "terpaksa" bertanya di bagian kolom komentar. Namun demikian, ada baiknya jika tips ini tidak terus-menerus Anda pergunakan. Pembaca blog Anda pun suatu saat akan merasa jengah bila dipaksa untuk terus-menerus membaca artikel yang selalu "menggantung" tanpa kesimpulan.

Poin: Saya pernah mencoba menggunakan tips ini untuk memancing rasa ingin tahu pembaca blog ini tentang topik marketing revolution untuk blog (maaf, belum sempat menulis artikelnya).

Contoh artikel: Apa Itu Marketing Revolution?

8. Bangun Budaya Berkomentar Yang Positif
Anda adalah pencipta budaya berkomentar di blog Anda sendiri. Jika Anda terbiasa membalas komentar dengan negatif, kasar, acuh tak acuh dan sekedarnya, maka budaya itulah yang akan diikuti oleh pembaca blog Anda. Sebaliknya, jika Anda terbiasa membalas komentar dengan positif, respek, santun dan rendah hati, maka budaya itu pulalah yang akan menular kepada pembaca blog Anda.

Poin: Semampu saya, saya berusaha membangun budaya berkomentar yang positif di blog ini dengan selalu membalas komentar juga dengan cara yang positif, santun dan menghargai. :)

9. Buatlah Kontes Komentar Terbanyak
Tips ini bisa Anda lakukan jika cara-cara lain relatif kurang memberikan hasil. Dengan mengadakan kontes komentar terbanyak (tentu dengan hadiah yang cukup menarik), maka pembaca blog Anda pasti akan tergerak untuk sering meninggalkan komentar di blog Anda. Kerugian cara ini, Anda harus memiliki budget ekstra untuk sekedar memberikan hadiah bagi pemenang kontes yang Anda adakan.

Poin: Terus terang saya belum pernah menerapkan tips ini. Namun bukan tidak mungkin, suatu saat nanti saya akan mengadakan kontes komentar terbanyak di blog ini. Jadi, tetap stay tune disini ya. :)

10. Berkomentar di Blog Lain
Jika segala daya upaya di blog Anda sendiri tidak berhasil, Anda bisa mencoba menarik lebih banyak komentar di blog Anda dengan terlebih dahulu memberikan komentar di blog lain. Anda memberi, maka Anda akan menerima. Hukum yang sama juga berlaku di dunia blogging. Jadi, jika komentar di blog Anda masih relatif sedikit, cobalah keluar dan berikan komentar di blog-blog yang setopik dengan blog Anda.

Poin: Pada awal-awal menjalani aktivitas blogging, saya selalu menyempatkan diri berkomentar di setidaknya 10 blog yang berbeda setiap harinya.

----------------------------------

Ke-10 tips diatas hanyalah sekedar pengalaman pribadi saya mengenai bagaimana cara mendapatkan lebih banyak komentar di blog Anda.

Meskipun demikian, komentar hanyalah komentar. Tidak ada untungnya merasa patah semangat hanya karena masih sedikitnya jumlah komentar di blog Anda. Bahkan blog-blog paling populer pun sebenarnya hanya menarik paling banyak 1 persen dari seluruh pembacanya untuk berkomentar.

Jika Anda sabar serta persisten menerapkan tips-tips diatas, yakinlah bahwa Anda sebenarnya sedang menumbuhkan sebuah blog yang tidak hanya akan menarik lebih banyak komentar, namun juga akan menumbuhkan sebuah ikatan komunitas antara Anda dan pembaca blog Anda.



selengkapnya klik disini ..

0 comments:

Poskan Komentar

Gimana gan, blog ane keren kan???hehe, lebih keren lagi kalo agan sekalian ikutan komen disini, wah...pasti membawa berkah buat ane,hheee thanks gan, lagi santai???inget,saatnyasantai.blogspot.com

Blog Archive

re

EcoBALL
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger